Tips & Langkah Praktis Follow Up

Follow up adalah Menindak Lanjuti dan Menularkan cara-cara positif kepada mitra/calon mitra untuk mengawali Bisnis DNI. Mula-mula anda harus mengajak calon mitra yg sudah mendapat informasi (presentasi DNI) yang belum join utk bertemu, inilah cara efektif untuk melakukan follow up (bertemu langsung )dengan tujuan untuk menindak lanjuti keputusan bisnis. Buatlah Janji bertemu dengan cara sms atau telepon dan lanjut beberapa tahap selanjutnya.
 
1. Membuat janji bertemu contoh : Siang Mas Agus, sore ini sudah ada waktu longgar mas? kalau ada, boleh ya kita ketemuan di cafe A. kalau misalnya jam 4 bisa ndak mas?
 
2. Anda harus berpenampilan sopan dan rapi .Hindari mengenakan kaos atau bahkan celana pendek saat berbisnis.
 
3. Anda harus Antusias (semangat) menyambut dia .Berikan senyuman terbaik anda ketika bertemu dengan dia. Jangan panik dan jangan tegang (rileks), berikan dia jabat tangan yang erat dan tegas. Bila perlu ucapkan kata "Selamat!" kepada dia.
 
4. Mulai Pembicaraan .Cari tempat yg nyaman utk ngobrol. Sedikit basa-basi di awal akan membuat calon mitra menjadi rileks. Buat dia merasa nyaman dengan kedatangan anda. Baru anda masuk pada topik pembicaraan follow up. contoh : Begini, maksud dan tujuan saya bertemu njenengan, untuk ngobrol soal penawaran kerjasama yang saya jelaskan kemarin. Kira-kira njenengan siap diaktivkan besok atau hari ini?
 
5. Pujilah dia, katakan bahwa anda percaya kalau dia punya potensi di bisnis ini. Contoh : "Wah, saya percaya kalo saya kerjasama dgn njenengan ini ndak salah. Saya lihat njenengan ini potensi di bisnis ini. (orang suka dengan pujian) . Soalny teman njenengan banyak yang pakai pulsa lho Pak. coba lihat pak di phone book ada berapa nama pak? Betul ndak Pak?" :)
6. Calon Mitra pasti berpikir : "Apa untungnya saya daftar di Bisnis ini?" .Tugas anda adalah meyakinkan dan menunjukkan kepada calon mitra apa saja keuntungan kalau dia join di bisnis ini. Ingat, Tunjukkan untung dia, bukan keuntungan anda.
 
7. Jadilah solusi, Jadilah pendengar yang baik apapun pendapat dia .Berikan dia kesempatan untuk berpendapat atau bahkan bertanya-tanya tentang bisnis DNI. Dengarkan, mengangguklah. Jika dia bertanya jawablah selalu dengan awalan kata Iya / Betul. Contoh : "Mas, saya takut ndak bisa jalan di bisnis ini soalnya saya ga jago ngomong nih", jawab : "Nah, gampang Pak, nanti yang presentasi saya aja, jenengan kenalkan teman jenengan aja ke saya" (atau kami - tim) --Jadilah Solusi!!!—
“Mbak, saya takut jangan2 bisnis ini nanti ndak aman, soalnya kemaren ada tetangga saya yang tertipu bisnis kayak gini sampai bangkrut puluhan juta tuh” , jawab : “Iya, Pak, betul sekali. Sama, saya dulu juga berpikiran begitu ketika ditawari partner saya soal bisnis ini, tapi begitu saya coba eh, ternyata mudah dan aman” J
Jika Calon Mitra bertanya : "Cara daftar dan mulainya bagaimana ya?". Nah, jangan kelamaan, segera tunjukkan cara registrasinya...

8. Beri dia cerita yang seolah-olah dia bisa merasakan
Wah, seandainya Pak Agus sudah bisa ngisi pulsa dari hape sendiri, misalnya jenengan pas jam 10 Malam hujan, HP kehabisan pulsa jenengan sudah ndak ribet2 ke konter pak. Ndak perlu basah2an pak. tinggal ketik2 pulsa langsung terisi deh. Lebih praktis kan pak? :) Nanti kalau teman2 jenengan kita tawari pulsa mahal atau murah, kira2 dia pilih mana pak? Nah, Selamat Pak, jenengan bisa dapat untung besar dari bisnis ini pak.
 
9. Gunakan alat bantu follow up .Anda Boleh menunjukkan Business Kit, Kartu ATM co-Branding Bank Syariah Mandiri, website www.dni.co.id, atau bahkan Majalah DNI.
 
10. Demo ngisi Pulsa .(Ini salah satu cara favorit saya) Tunjukkan cara anda mengisi pulsa dihadapan calon mitra anda, perlihatkan caranya dan laporan transaksi kepada dia. Tunjukkan "Ini sangat mudah!". (akan lebih efektif jika setiap saat anda selalu sedia Saldo Pulsa)
 
11. Ajarkan sedikit-sedikit cara Login di Website www.dni.co.id dan tunjukkan cara melihat komisi, perkembangan jaringan, grafik jaringan, dll. Tunjukkan "Ini sangat mudah!
 
12. Ajarkan bagaimana cara membuat daftar nama dan cara mengundang efektif .Diusahakan agar menyarankan Mitra yang sudah join untuk mengundang calon mitra besoknya atau secepatnya. Anda sebagai mentor yang menjadi presentator.
 
13. Sugesti & Persuasi .Contoh : Pak Agus, seandainya Daftar Sekarang besok atau Sekarang kita bisa kerjasama langsung Pak. Biar njenengan segera dapat untung, kalau njenengan Daftar Sekarang. Kalau ndak Daftar Sekarang sayang lho Pak, teman jenengan banyak yang pake pulsa. Kalau Daftar Sekarang Pak Agus kan bisa dapet hasil lebih cepet Pak, komisinya kan harian, betul begitu kan Pak? Nah, enaknya Pak Agus Daftar Bsok atau Sekarang?
 
14. Promosikan Acara Tim Bangkit DNI .Selalu promosikan acara DOP (Duta Open Presentation), Training (Dream Building, Start Action Training, dll), selalu sarankan calon mitra untuk bisa hadir di setiap acara yang diadakan tim.
 
15. Pinjami Calon Mitra anda CD "Kendala is Bullshit" (Dapatkan di mentor dan upline anda) . Di dalam CD ini semua kendala calon mitra akan terjawab. Otomatis pikiran prospek akan menjadi positif.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika Calon Mitra saat anda sudah melakukan follow up dgn maksimal ternyata memang benar-benar MENOLAK untuk daftar di bisnis DNI, Jangan terlalu dipikir, Jangan berdebat, Segeralah akhiri perbincangan anda secara sopan. Ucapkan terima kasih banyak atas waktu dan hidangan yang diberikan, Jangan lupa tersenyum dan sedikit berbasa-basi di akhir. “Ya, ndak papa kok Pak, kapan2 kita bisa ketemu lagi di lain waktu pak, Terima kasih banyak, Assalamualaikum” –Gitu aja kok repot--
 
Terapkan tips-tips follow up di atas, lakukan yang terbaik yang anda bisa. Tidak harus semua point diterapkan dan tidak harus urut. Mungkin tidak semua calon mitra yang sudah anda presentasi bisnis DNI dia akan join, tidak semua. Pasti ada penolakan-penolakan. Anda tidak perlu kecewa jika mereka menolak (tidak tertarik / memang tidak suka / memang tidak berani berbisnis ). Yakinlah, jika anda konsisten pasti akan terjadi "Closing". Seiring dengan seringnya anda presentasi dan follow up, anda akan semakin mahir dalam menjalankan bisnis DNI sehingga tingkat closing anda akan meningkat jika anda sudah terbiasa melakukan presentasi dan follow up. Duplikasikan tips ini ke mitra-mitra anda. Lakukan kerja cerdas besama Tim Bangkit (Mentor dan mitra anda). Jangan kerja sendirian di bisnis DNI. Gunakan Kreasi anda dalam melakukan follow up, silakan anda olah cara-cara dan gaya follow up anda. “Tidak harus melulu terpaku pada tips di atas. –Amati- Tiru – Modifikasi –“