MENIRU PARA LEADER


Seperti yang telah kita bahas sebelumnya salah satu satu strategi ampuh untuk meraih sukses di bisnis DNI adalah dengan meniru para leader yang telah lebih dulu sukses. Jika kita mengikuti jejak-jejak yang nereka tinggalkan, maka secara otomatis kita akan sampai di tempat para leader sukses sekarang ini berada. Meniru bukanlah tindakan yang sulit, boleh dikatakan kita semua berbakat kalau meniru, Mwngapa? Sudah sejak lahir kita selalu meniru! Bahasa yang kita kuasai sekarang ini hasil dari meniru. Cara kita makan, cara kita berjalan, cara kita berbicara semuanya juga hasil dari meniru. Anda barangkali pernah mendengar ungkapan yang berkata, Monkey see, monkey do (kera melihat, lalu kera melakukanya), dapat diubah menjadi, Orang melihat, lalu orang melakukannya. Coba pikirkanlah hal ini. Kita kerap melihat anak seorang petani akhirnya menjadi petani, anak seorang dokter menjadi dokter, anak seorang pengusaha menjadi pengusaha, anak seorang preman menjadi preman juga, dst. Mengapa bisa demikian? Sederhana, karena si anak melihat apa yang dilakukan orang tuanya dan meniru. Sekarang, bagaimana caranya kita menerapkan prinsip meniru ini untuk kesuksesan kita di bisnis DNI? Ada beberapa point yang perlu kita perhatikan.

1. Jangan sembarang meniru.

Tirulah leader-leader DNI yang meraih sukses dengan cara yang benar dan tepat. Di sebuah toko terdapat sebuah jam besar yang diletakkan di depan toko tersebut, ini memungkinkan setiap orang yang lewat untuk melihat jam tersebut. Suatu kali pemilik toko tersebut memperhatikan kehadiran seorang pria yang selalu berjalan menuju tokonya setiap hari pada jam 12.00. pria tersebut berhenti sejenak didepan jam tersebut dan mengeluarkan jam dikantongnya untuk dicocokkan dengan jam yang ada di toko tersebut. Karena hal seperti ini sudah berlangsung bertahun-tahun, si pemilik toko akhirnya memutuskan untuk bertanya kepada pria tersebut tentang apa yang dilakukannya. Pria tersebut menjawab, Saya ini seorang mandor yang bertugas untuk meniup pluit tepat pada jam lima sore. Supaya waktunya benar-benar tepat, saya mencocokkan jam saya dengan jam di depan ditoko Anda. Si pemilik toko justru tertawa terbahak-bahak sambil berkata, Anda meniru jam saya, padahal selama ini saya justru mencocokkan jam saya ini saat Anda meniup peluit tepat pada jam lima. Pesan moral dari ilustrasi tersebut adalah jangan sembarangan meniru, karena bisa jadi kita meniru sesuatu yang salah. Jika obyek yang kita tiru salah, sudah bisa dipastikan kita ikut-ikutan salah. Demikian juga di bisnis DNI. Kita memang dianjurkan untuk meniru para leader DNI, namun tentu saja kita perlu meniru secara bijak. Yang kita tiru adalah para leader-leader DNI yang berhasil meraih kesuksesan dengan cara-cara yang benar dan tepat. Seperti halnya leader DNI tersebut meraih sukses dalam jangka panjang, demikian juga halnya dengan kesuksesan yang telah kita raih. Coba bandingkan seandainya kita meniru leader DNI  yang meraih sukses dengan jalan pintas, menghasilkan segala cara, melakukan under cutting, dan cara-cara kotor lainnya. Kita memang bisa sukses dengan cara tersebut, tetapi kesuksesan kita tidak akan bertahan lama. Jadi, pertama dalam meniru adalah carilah leader DNI yang benar-benar memiliki karakter bagus dalam meraih kesuksesannya.

2. Pikiran terbuka dan rendah hati

Kita tidak mungkin bisa meniru para leader DNI yang telah sukses jika kita tidak memiliki kedua sikap tersebut di atas. Syarat pertama, kita harus memiliki pikiran terbuka. Orang bijak berkata, Pikiran Anda itu bagaikan parasut. Pikiran Anda hanya bisa bekerja kalau sudah terbuka! Selama kita open minded (berpikir terbuka) maka kita akan mampu menyerap banyak ilmu dan strategi dari leader-leader DNI yang telah sukses. Syarat kedua, adalah kita harus rendah hati. Kita akan gagal total dalam meniru jika kita merasa diri kita pintar, hebat dan sudah merasa tahu. Sebaliknya, kita harus merasa diri kita masih perlu banyak belajar, merasa diri belum sempurna, dan butuh strategi-strategi baru yang dapat kita praktekkan saat menjalankan DNI. Semuanya ini terlihat dengan jelas pada saat kita mengikuti training atau seminar DNI. Jika kita mersa diri hebat, kita akan berkata, Saya sudah pernah mendengar materi itu. Saya sudah tahu, bahkan saya sudah hafal apa yang akan disampaikan. Padahal jika kita mau terbuka dab rendah hati, kita akan terus mendapatkan hal-hal baru sari setiap training atau seminar yang disampaikannya. Hal-hal inilah yang kemudian memperkaya pengetahuan dan strategi kita hingga akhirnya kita bisa meraih sukses di bisnis DNI

3. Antusias dalam meniru 
 
Untuk meniru ternyata butuh sikap yang antusias. Kita harus merasa haus dan butuh hal-hal yang baru untuk memperkaya pengetahuan dan strategi kita dalam menjalankan bisnis DNI.

4.Prinsip ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) 

Apakah kita bisa menjadi yang terbaik di bisnis DNI? Apakah kita bisa lebih sukses dari leader-leader DNI yang jadi panutan kita? Jawabannya adalah BISA, asal kita tahu caranya! Cara meniru yang paling efektif adalah ATM yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Amati, artinya kita harus mencari 5 leader DNI terbaik yang menurut kita layak untuk ditiru. Barangkali Anda bertanya, mengapa harus leader-leader DNI terbaik, apakah kita tidak bisa belajar dari semua orang? Tentu saja kita bisa belajar kepada semua orang, bahkan kita bisa belajar dari orang-orang ghagal sekalipun, tapi tingkat efektifitas untuk kemajuan diri kita hanyalah 20%. Kalau kita belajar dari orang-orang terbaik, maka tingkat efektifitas untuk kemajuan diri kita bisa mencapai 80%! Tiru, artinya kita belajar dari pengalaman-pengalaman mereka hingga mereka bisa sukses. Cari tahu apa strategi mereka, apa kebiasaan mereka, seperti apa sikap-sikap yang membawa pada kesuksesan, dst. Setelah tahu, maka yang kita lakukan hanyalah meniru, maka kita akan sama dengan mereka! Modifikasi, artinya kita menggabungkan kelebihan para leader DNI terbaik tersebut untuk kita praktekkan. Kalau kita hanya belajar dari satu leader, maka kemampuan kita tidak akan bisa melebihi leader tersebut. Namun jika belajar dari 5 leader dan menggabungkan ilmu mereka, maka kita bisa menjadi yang terbaik! 

Go Freedom with DNI.
Salam Sukses.