HUKUM KESUKSESAN


Di dunia ini ada sejumlah hukum alam yang mempengaruhi semesta, termasuk kita yang tinggal di dalamnya. Misalnya hukum gravitasi yang berkata setiap benda yang dilemparkan ke atas pasti akan jatuh ke bawah. Hal ini tidak terbantahkan dan tidak akan pernah berubah. Sampai kapanpun juga benda yang dilemparkan ke atas pasti jatuh ke bawah. Hukum alam juga tidak membedakan gender, ras, agama, bahkan baik tidaknya orang tersebut. Ketika orang baik dan orang jahat sama-sama meloncat dari gedung, apakah hanya orang jahat yang jatuh ke bawah sementara orang baik akan melayang-layang? Tentu saja tidak, bukan? Kesimpulannya, setiap orang dipengaruhi oleh hukum alam, karena itu kalau ingin sukses marilah kita belajar dari hukum-hukum alam ini, karena jika kita mempraktekkannya pasti itu akan terjadi!

HUKUM TABUR TUAI

Amatilah kehidupan para petani. Kita akan tahu prinsip yang pertama dari hukum tabur tuai adalah apa yang kita tabur pasti akan kita tuai. Menabur banyak menuai banyak, menabur sedikit menuai sedikit, tidak menabur tidak akan menuai apa-apa. Jika ingin sukses di bisnis DNI  mulailah menabur, baik dalam bentuk kerja keras, bersedia bayar harga, tidak menyerah ketika ditolak, tidak mundur ketika digosipkan, tidak putus asa ketika diejek dan diremehkan. Yang terutama, taburlah karakter yang baik karena suatu saat kita pasti menuai hal-hal yang baik juga dalam hidup kita. Jika hari ini kita berani bayar harga seperti itu, suatu saat kita pasti menuai kesuksesan besar.

Prinsip kedua dari hukum tabur tuai adalah perlu kesabaran dan keuletan hingga taburan kita menjadi tuaian. Jika pagi ini kita menabur, mungkinkah sore harinya kita sudah bisa menuai? Mustahil, bukan? Untuk menunggu tuaian kita mungkin harus menunggu 1 bulan, 3 bulan, 1 tahun atau bahkan 5 tahun, dst. Artinya, kita perlu kesabaran dan keuletan hingga kerja keras dan perjuangan kita di bisnis DNI membuahkan hasil. Jangan terlalu cepat berhenti hanya karena belum melihat hasil dari apa yang kita kerjakan selama ini. Prinsip tabur tuai juga sangat dipengaruhi benih apa yang Anda tabur. Jika Anda menanam padi maka Anda hanya butuh waktu 3 bulan untuk dapat menuainya, sedangkan jika Anda menanam durian maka Anda butuh waktu bertahun-tahun. Namun jika Anda menanam padi, maka tuaian hanya sekali saja. Anda harus menabur lagi untuk mendapatkan tuaian berikutnya. Tidak demikian halnya dengan pohon durian, memang butuh waktu bertahun-tahun untuk menunggu tapi ketika sudah tiba waktunya untuk berbuah, maka tiap tahun sekali Anda tinggal tuai hasilnya terus menerus dan tidak perlu menabur dari awal lagi dan lebih cenderung seperti menanam pohon durian. Awal-awal menjalankan DNI bonusnya mungkin sedikit, tapi jika kita telaten dalam merawat jaringan, maka suatu kali kelak kita akan mendapatkan passive income yang luar biasa. Secara tidak langsung kita sedang menyiapkan mesin ATM untuk diri kita sendiri sehingga tiap bulan kita akan menikmati hasil yang luar biasa. Jangan hanya berpikir jangka pendek. Hanya merekrut orang namun tidak memelihara jaringan atau hanya menembak posisi tapi income datang hanya sekali.

HUKUM KOMPETENSI

Hukum kompetensi berkata bahwa hasil selalu sebanding dengan usaha. Sangatlah tidak mungkin kita mengharapkan kesuksesan besar di bisnis DNI tapi kita sendiri bermalas-malasan, tidak pernah bergerak, tidak pernah memelihara jaringan, dst. Lalu kita jadi iri ketika member DNI yang lain lebih sukses dari kita, lebih parah lagi kita kemudian menyebarkan gosip, fitnah, atau melakukan usaha untuk menjatuhkan member DNI yang lebih sukses tersebut. Jelas ini cara berpikir yang sangat keliru. Seringkali kita hanya melihat hasil tapi lupa dengan proses yang harus dilewati demi mencapai hasil tersebut. Soichiro Honda berhasil membesarkan pabrik otomotif Honda. Saat wawancara tentang rahasia suksesnya, Soichiro Honda berkata, Orang lain hanya melihat kesuksesan saya yang hanya 1%. Mereka tidak melihat 99% kegagalan saya. Kisah hidup honda memang banyak diwarnai dengan kegagalan. Dia dilahirkan dari keluarga miskin, tidak pintar di sekolah, dikeluarkan dari sekolah dan banyak kekurangan yang lain. Saat ia dewasa dan mulai menerjuni dunia otomotif, ring piston buatannya di tolak oleh Toyota. Berkat kerja keras dan ketekunannya yang luar biasa, ring piston buatannya akhirnya diterima Toyota. Tapi saat hendak diproduksi, rencana tersebut kandas karena saat itu sedang terjadi Perang Dunia II. Ia tidak putus asa, ia mengumpulkan modal dari sekelompok orang untuk mendirikan pabrik sendiri, namun ia mengalami musibah karena pabriknya terbakar lagi karena perang meletus. Honda tidak putus asa. Dia mengerahkan karyawannya untuk mengumpulkan sisa kaleng bensol yang dibuang oleh kapal Amerika yang digunakan sebagai bahan mendirikan pabrik. Tanpa diduga, gempa bumi menghancurkan pabriknya. Saat Honda mencoba usaha-usaha yang lain, semuanya gagal. Bahkan untuk memberi makan bagi keluarganya ia sangat kesulitan. Titik balik dalam hidupnya diawali ketika ia mencoba memasang motor kecil buatannya pada sepedanya. Di luar perkiraan sepeda bermotor tersebut diminati para tetangganya. Di sinilah Honda mulai mengembangkan sepeda motor yang akhirnya menuai sukses luar biasa hingga kini. Tanyakanlah kepada leader-leader DNI yang telah sukses. Apakah mereka bisa sampai di peringkat tersebut dengan mudah dan bermalas-malasan saja? Mereka bisa menjadi sukses karena perjuangan yang luar biasa, tidak perlu heran kalau mereka akhirnya meraih kesuksesan besar. Bonus yang besar serta reward-reward yang didapatkan mereka hanyalah sebuah kompensasi dari perjuangan mereka. Itu kompensasi bagi perjuangan, semangat, keuletan, dan ketekunan mereka dalam menjalankan bisnis DNI!

HUKUM PENGENDALIAN

Hukum pengendalian berkata bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah akibat keputusan dan tindakan kita. Segala sesuatu ada di bawah kendali kita, entah baik atau buruk, hal yang negatif maupun yang positif. Karena segala sesuatu ada di bawah kendali kita, itu berarti kitalah yang harus bertanggung jawab 100% atas sukses tidaknya kita dalam menjalankan bisnis DNI. Jangan pernah menyalahkan orang lain, up-line yang tidak membantu, downline yang berhenti, atau mengkambinghitamkan situasi, perusahaan, dan kondisi global sebagai upaya pembenaran diri. Termasuk nasib, kitalah yang menentukan. Tuhan merencanakan yang nasib baik termasuk merencanakan kesuksesan untuk kita, meski demikian kesiapan kitalah yang menentukan apakah kesuksesan itu terjadi dalam hidup kita atau tidak. Ingatlah bahwa nasib kita bukan ditentukan oleh garis tangan, melainkan oleh tangan kita! Kendali ada di tangan Anda 100%!

HUKUM KEYAKINAN

Apa yang Anda percayai pasti terjadi! Itulah hukum keyakinan. Anda mempercayai hal yang positif, itu pasti terjadi. Demikian juga sebaliknya, ketika Anda mempercayai hal yang negatif, maka itu juga yang akan terjadi. Anda percaya bahwa bisnis DNI akan berlangsung dalam jangka panjang, itu juga yang akan terjadi. Sebaliknya ketika Anda percaya bahwa Anda tidak mungkin bisa sukses, itu juga yang akan terjadi dalam hidup Anda! Bagaimana cara kerja hukum keyakinan? Apa yang kita percaytai akan menentukan tindakan kita. Tindakan kita akan menentukan hasil. Hasil akan memperkuat keyakinan kita. Jika kita percaya bahwa kita bisa sukses di bisnis DNI maka tindakan kita pasti penuh semangat, ulet, dan tekun. Jika tindakan kita seperti itu, maka hasilnya pasti luar biasa. Hasil yang luar biasa itu akan memperkuat keyakinan kita bahwa jika kita mau bekerja dengan sungguh-sungguh, maka kita pasti bisa sukses di bisnis DNI. Coba bandingkan jika keyakinan kita negatif sehingga kita berpikir bahwa kita tidak mungkin bisa sukses di bisnis DNI. Dengan keyakinan yang negatif seperti itu maka tindakan kita pasti bermalas-malasan dan sama sekali tidak antusias. Dengan tindakan yang negatif, maka hasilnya pasti nol. Lalu kita berkata, Benarkan bahwa saya tidak mungkin sukses di bisnis DNI. Apa yang Anda percayai pasti terjadi, karena itu percayailah hal-hal yang positif karena hal-hal positif juga yang akan Anda dapatkan.

HUKUM KONSENTRASI

Hukum konsentrasi mengajak kita untuk memikirkan apa yang benar-benar kita inginkan, bukan yang tidak. Karena itu impian-impian hidup kita seharusnya dirumuskan dalam kata-kata positif untuk afirmasi diri. Jika kita melakukan afirmasi dengan kata-kata positif, maka semesta akan memberikan hal-hal itu kepada kita. Dalam melakukan afirmasi, kita tidak boleh menggunakan kalimat yang negatif. Misalnya, saya tidak mau miskin, saya tidak mau sakit, saya tidak akan gemuk, saya tidak akan nervous saat presentasi. Jika kita berkonsentrasi dengan pengkalimatan negatif, maka yang terjadi justru sebaliknya. Kita tidak mau miskin, tapi miskinlah yang terjadi. Kita tidak mau gemuk, tapi yang terjadi justru gemuk, dst. Ini terjadi karena otak kita tidak mengenal kata tidak . Sebagai simulasi, tutuplah mata Anda, mulailah konsentrasi, dan dengarlah perkataan saya, Anda tidak boleh membayangkan, dilarang keras membayangkan, sama sekali tidak boleh membayangkan ... seekor gajah! Apa yang terjadi? Bukankah Anda justru membayangkan gajah? Mengapa sudah dilarang dan tidak boleh membayangkan gajah, justru bayangan gajah yang muncul di benak Anda? Karena otak tidak mengenal kata tidak, karena itu konsentrasikan diri Anda untuk kata-kata yang positif.

HUKUM DAYA TARIK

Inilah hukum magnet atau yang dalam bahasa populer sering disebut The Law of Attraction. Buku The Secret sempat menduduki buku paling laris sedunia dan begitu menggemparkan kita. Dalam buku tersebut diajarkan bahwa Tuhan akan memberikan sama persis dengan apa yang kita katakan. Dengan kata lain, perkataan kita itu bak magnet yang akan menarik segala sesuatu sama dengan apa yang kita katakan. Jika kita berkata, Saya pasti sukses. Saya punya banyak teman. Saya sangat sehat. Hal-hal itu juga yang akan terjadi dalam hidup Anda. Jika sebaliknya Anda berkata, Saya tidak bisa. Saya tidak mampu. Ini sangat sulit. Itu hal yang mustahil. Maka apa yang kita katakan itu juga yang akan kembali kepada kita. Apa yang ia katakan, itulah yang akan kembali kepada Anda. Florence Shinn berkata, Permainan kehidupan adalah permainan bumerang. Cepat atau lambat, pikiran, tindakan, dan kata-kata kita akan kembali kepada kita dengan sangat akurat. Perkataan Anda sama persis dengan bumerang, karena itu hati-hatilah dengan perkataan Anda.

HUKUM KESESUAIAN

Dunia luar mencerminkan diri Anda yang sebenarnya, itulah hukum kesesuaian. Orang lain adalah cerminan diri kita. Mari kita lakukan simulasi lagi. Cobal Anda tersenyum kepada seseorang yang Anda jumpai. Apa yang Anda dapatkan? Anda akan melihat orang itu juga akan tersenyum dengan Anda. Orang yang tidak Anda kenal sekalipun akan memberikan senyuman ketika Anda lebih dulu tersenyum kepadanya. Contoh kedua, Anda sedang mengendarai mobil dan terjebak dalam kemacetan. Lalu Anda berusaha membunyikan klakson dengan nyaring berulang-ulang kali sambil meneriaki mobil di depan Anda. Apa yang Anda dapatkan? Suara klakson yang lebih nyaring dan makian yang keluar dari mobil di depan Anda! Jika Anda menjalankan bisnis DNI dengan jujur, maka orang lain juga akan melakukan hal yang sama. Tapi jika Anda menjalankan DNI dengan cara-cara yang kotor, maka suatu saat orang lain akan melakukan hal yang sama dan akan merugikan Anda. Jika Anda merebut member di jaringan orang lain, suatu kali jaringan Anda akan direbut juga. Orang lain adalah cerminan dari diri Anda. Jika sebagai leader DNI Anda merasa tidak semangat lagi, berpuas diri, bermalas-malasan, dan selalu bersikap negatif, maka jaringan Anda pasti melakukan hal yang sama karena jaringan Anda adalah cerminan dari diri Anda. Karena itu maka ubahlah diri Anda lebih dulu. Anda berubah, maka orang lain akan berubah, jaringan Anda akan berubah, penghasilan Anda akan berubah, nasib Anda pasti berubah.

Go Freedom with DNI.
Salam Sukses.